15 DOSEN UNSA SEGERA MENYELESAIKAN STUDI DOKTORAL

Seiring dengan bertambahnya jumlah lulusan S2, nilai persepsional terhadap gelar S2 akan menurun. Gelar master bukanlah sesuatu yang luar biasa. Bagi para pemegang gelar S2, kondisi ini mengakibatkan kompetisi yang semakin ketat di antara mereka. Mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan, pengakuan (recognition), dan hak-hak khusus (privilege) yang melekat pada gelar tersebut. Gelar S2 bukanlah merupakan competitive advantage bagi pemegangnya, dan mereka harus mencari faktor-faktor lain untuk bisa memenangkan persaingan.

Menyadari betapa pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi pendidikan dosen lanjutan, Universitas Samawa (UNSA) ini sedang giat-giatnya mendorong staf pengajarnya untuk melanjutkan ke jenjang doktor (S-3) untuk penguatan akademik dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) dosen sendiri.

“Ada 15 dosen sedang studi S3 dan dipastikan kemungkinan besar di tahun 2017 bakal ada yang sudah tamat dan menyandang gelar Doktor, selebihnya akan menyusul di tahun berikutnya,” Universitas Samawa berusaha mempersiapkan tenaga-tenaga handal yang sesuai kebutuhan dunia kerja berskala nasional maupun  internasional. “Upaya yang dilakukan UNSA untuk persiapan tersebut, melalui jalinan kerjasama dengan pihak industri dan  perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Di era globalisasi dan kompetisi seperti saat ini segala hal yang diinginkan hanya dapat diperoleh dengan kualitas kemampuan intelektual tinggi serta niat dan kerja keras. Selain itu, UNSA juga terus meningkatkan penguatan sumber daya manusia (SDM) dan penguatan kurikulum, dengan tujuan para alumni siap menghadapi pasar bebas dan era globalisasi.

Semoga nantinya para kandidat doktor dapat memberikan warna terbaru dalam membangun kualitas pendidikan di Kabupaten Sumbawa, khususnya di Universitas Samawa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mencetak para generasi pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa. Iksan AW, SE., M.Pd.

Share Now

lukem

More Posts By lukem

Related Post

Leave us a reply