MANUVER MAHASISWA FISIKA UNSA MENANGI HIBAH DIKTI DI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)

Lagi dan lagi, prestasi gemilang yang dicetak oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Samawa patut diberi jempolan. Pasalnya, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan dan didanai oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. PKM ini diikuti oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta. Tak pelak bahwa PKM ini menjadi salah satu lirikan tajam bagi pemenangnya.

Mahasiswa Universitas Samawa memenangkan delapan judul PKM. Jumlah tersebut merupakan jumlah tertinggi kedua yang diraih oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Wilayah Kopertis 8 (Bali-Nusta) dan juga menempati posisi pertama dan terbanyak di PTS yang ada di wilayah NTB. Universitas Samawa hanya berada pada posisi kedua dari Universitas Mataram yang bernotabenekan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dari delapan judul PKM yang diraih oleh mahasiswa UNSA, dua di antaranya berasal dari kelompok mahasiswa Pendidikan Fisika, yaitu PKM-Kewirausahaan (PKM-K) yang berjudul “MiLaPis (Minyak Lala Akar Pisang) Ramuan Tradisional Sumbawa yang Kaya Khasiat”, yang diketuai oleh NURAINI, mahasiswa semester IV. PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang berjudul “TTS untuk OMO: Solusi Cerdas Mengatasi Krisis Air Bersih di Dusun Omo Desa Penyaring”, yang diketuai oleh PADLI SAPUTRA, mahasiswa semester VI.

Fahmi Yahya, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Fisika dan juga sebagai Dosen Pembimbing PKM tersebut mengungkapkan bahwa prestasi yang didapatkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UNSA ini bukanlah sebuah kebetulan. Di tahun sebelumnya, mahasiswa pendidikan fisika UNSA juga telah memenangkan PKM dengan jumlah yang sama, namun di bidang PKM-Kewirausahaan dan PKM-KarsaCipta. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dibandingkan dengan prodi lainnya di lingkup UNSA. Setiap tahunnya, mahasiswa pendidikan fisika mengajukan kurang lebih 15 proposal. Mahasiswa Pendidikan Fisika UNSA memang didorong dan didukung penuh oleh Program Studi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi di ajang PKM setiap tahunnya. Hal tersebut dilakukan dengan harapan bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika tidak menjadi mahasiswa yang pasif. Mereka harus aktif belajar, mencari pengalaman, mengembangkan keterampilan dan inovasi sebagai modal untuk dapat bersaing dalam Revolusi Industri 4.0 ke depan”.

Oleh karena itu, memenangkan PKM adalah salah satu jalannya mahasiswa untuk dapat belajar. Berwirausaha, melakukan penelitian, melakukan pengabdian kepada masyarakat, menciptakan karsa cipta dan juga teknologi terbaru adalah sasaran skill yang harus dimiliki mahasiswa. Untuk dapat mewujudkan target tersebut, mahasiswa Program Studi Fisika akan didampingi selalu oleh dosen-dosen pendidikan fisika UNSA dengan kapasitas dan kapabilitas yang sangat mumpuni dalam membimbing mahasiswa” Imbuhnya lagi.

Dengan kata lain, sebagai program studi yang mencetak calon guru fisika. Program Studi Pendidikan Fisika UNSA, tidak hanya membekali mahasiswanya dengan ilmu fisika saja. Namun, mahasiswa juga dituntut dan diarahkan untuk memiliki kemampuan dalam berwirausaha, menjadi peneliti, pengabdi, dan pencipta teknologi.

Leave us a reply